IPB Terus Dorong Entrepreneur Mahasiswa

24 07 2010

IPB Terus Dorong Entrepreneur Mahasiswa

Kamis, 3 Desember 2009

Sumber: http://www.ipb.ac.id/?b=1390

Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IPB menyelenggarakan Lokakarya Program Mahasiswa Wirausaha di Ruang Sidang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB. (30/11).

Lokakarya ini digelar dalam rangka mengevaluasi dan merencanakan kelanjutan dari pelaksanaan Program kewirausahaan yang telah didanai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas. Ada 84 kelompok kewirausahaan mahasiswa yang telah lolos dalam rangkaian seleksi yang di selenggarakan DPKHA – IPB dan proses pelaksanaan program kewirausahaaan mulai dilaksanakan pada Juli 2009 lalu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.Ir.H.Yonny Kusmaryono, MS menyampaikan dukungannya terhadap keberlanjutan program ini dan aktivitasnya akan terus dipantau, tandasnya.

Prof. Yonny menyebutkan jumlah wirausahawan saat ini masih jauh dari persentase ideal yang ditargetkan pemerintah yaitu sekitar 2 % dari penduduk Indonesia.

Untuk itu Prof..Yonny menegaskan pentingnya peranan dosen untuk membangkitkan minat mahasiswa terhadap kewirausahaan. Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh staf pengajar untuk bisa memberikan dorongan kepada mahasiswa untuk menanamkan kreatifitas dan jiwa berwirausaha.

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Karir Mahasiswa Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IPB, Iin Solihin,Spi.MSi dalam sambutannya menyebut 15 kelompok peserta kewirausahaan mahasiswa yang berprestasi.

Ke 15 kelompok peserta kewirausahaan ini dianggap berhasil meningkatkan usahanya dengan manajemen administrasi yang dianggap baik. Ke-15 kelompok kewirausahaan mahasiswa tersebut adalah: usaha pembenihan ikan air tawar bawal oleh Ance Trio Marta dan Anri M, usaha kelinci hias oleh Eldi Arasi Sidrata K dan Fatri Alhadi, usaha produksi & handycraft cover binder oleh Sendy Akhmad Nugraha, usaha jasa bimbingan belajar mafia clubs oleh Edwin cahyadi, boy Riansyah dan Febrian Handayani, usaha produksi & handycraft “Mandalika Pearl”oleh Vidia Chairunnisa, Marsheilla Tjahjadi dan Nofaria Simbolon, usaha bakso buah naga oleh Nursechafia, Yuli Widianingsih, Dhinta Rachmawati dan Ristia Oktora, usaha minuman The Merah Rosela oleh Ari Try Purbayanto dan Aji Bahtiar, usaha makanan Minaku Kaiko A Japanese and Seafood Café oleh Fahmi Nasrullah dan Riza Aris Apriady, usaha budidaya sayuran Eropa oleh Suryo Arimurti, Moh Aris Darmansyah, Septian Fauzi Dwi Saputra dan Risma Nurmawati, usaha Intensive Practise Course oleh Razono Agall Cahyadi, usaha distributor daging oleh Fajar wisnu W, usaha budidaya jamur tiram oleh Astiti Purinigati, Hernandi Nugroho dan Dewi Yuliani, usaha minuman The Melati “Your Tea” oleh Indra Thamrin, usaha peternakan Hamscorner oleh Tia Irmayanty A dan usaha Pemeliharaan & pelayanan ternak domba oleh Imam A, Retno Wulandari dan Yogie Saputra.

Dalam lokakarya ini, mahasiswa berharap pengembalian pinjaman modal bisa diperingan menjadi dapat setengah dari total pinjaman yang diberikan dengan harapan 50 persennya bisa digunakan untuk bisa digunakan untuk keberlanjutan manjamin usaha. Selain itu mahasiswa berharap Sosialisasi Program Kewirausahaan dapat dilakukan dengan lebih gencar agar informasi tersebut dapat menyasar ke seluruh mahsiswa.(dh)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: